Surat Terbuka Harga Kopra.
Untuk Presiden Republik Indonesia.

Kepada Yang Terhormat,
Bapak Presiden Republik Indonesia
Ir. Joko Widodo

Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera.
Semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan kekuatan kepada Bapak Presiden sehingga dapat menunaikan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala negara dengan sebaik – baiknya sesuai dengan janji kampanye dan sumpah yang pernah Bapak Presiden ucapkan.
Demi kesejahteraan rakyat Indonesia

Dalam menulis surat ini, sebelumnya saya memohon maaf. Semoga Bapak Presiden bisa mendengarkan dan menyikapi kegelisahan kami Masyarakat Maluku Utara – Halmahera. Hari ini tanggal 13 November 2018 di Kecamatan Kao Kabupaten Halmahera Utara, harga beli kopra Rp. 2.900/kg (Dua ribu sembilan ratus rupiah/kilo gram). Tentunya harga beli kopra yang demikian sangatlah rendah dan tidak sesuai dengan kerja – kerja mulai dari potong rumput, naik pohon kelapa, kumpul, belah, cungkil, masak sampai menjadi Kopra untuk di jual.

Harga yang demikian rendah merupakan kegelisahan kami di Halmahera karena tidak cukup membiayai kebutuhan hidup kami sehari – hari, belum lagi anak – anak yang sedang dalam bangku pendidikan dengan biaya yang begitu mahal, apalagi yang ada di Perguruan Tinggi.

Bapak Presiden yang saya hormati, Masyarakat Halmahera pada umumnya adalah Petani Kelapa (Kopra) sejak dari nenek moyang kami. Saya mengajak Bapak Presiden untuk berkunjung ke Halmahera terutama di Halmahera Utara menggunakan jalan darat.

BACA  Surat terbuka buat Igun Wicaksono Presidium Garda Indonesia

Bapak akan terpesona melihat indahnya pohon kelapa yang berjejer rapi di sepanjang kiri kanan jalan mulai dari Kecamatan Malifut sampai ke Galela yang jaraknya kurang lebih 170 kilo meter. Belum lagi Bapak pergi ke Halmahera Barat, Halmahera Timur, Halmahera Selatan dan Halmahera Tengah, sehingga dapat merasakan dan menggugah hati Bapak bahwa inilah tanah kami yang subur yang masyarakatnya bergantung pada tanaman kelapa.

Semoga saja Bapak Presiden bisa menyikapi kegelisahan ini, karena Kopra adalah sumber pendapatan utama kami orang Halmahera.

Dari Halmahera Utara kami menyuarakan jutaan nasib masyarakat petani kelapa agar harga kopra bisa dinaikan pada harga yang wajar dan rasional.

Kiranya Tuhan menjamah hati dan pikiran Bapak Presiden Joko Widodo untuk menyelamatkan Petani Kopra di Halmahera dan Indonesia secara umum.

Salam Hormat,

Nyong Halmahera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here